Kamis, 09 Juli 2018 di Aula Desa Leuwibudah diselenggarakan Sosialisasi POPM Filariasis Tahun 2015 Tingkat Desa. Yang mana setelah Tingkat Desa, sosialisasi ini akan berlanjut ke tingkat kader. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintahan Desa Leuwibudah dengan UPTD Puskesmas DTP Sukaraja dan seluruh warga / masyarakat yang turut hadir dalam sosialisasi ini.

Kepala Desa Leuwibudah (Asep Ahmad Kastoyo) hadir dalam sosialisasi ini, beliau sangat berterima kasih kepada seluruh warga yang dapat hadir mengikuti sosialisasi ini serta kepada petugas-petugas UPTD Puskesmas DTP Sukaraja yang akan memberikan materi tentang POPM Filariasis ini. Yang mana materi yang akan disampaikan oleh rekan-rekan dari UPTD Puskesmas DTP Sukaraja nanti sangatlah penting, oleh karena itu mari kita dengarkan dengan seksama. tutur beliau dalam sambutannya

Filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan olehcacing filaria yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, penyakit ini tersebar luas di daerah pedesaan dan perkotaan. Penyakit kaki gajah merupakan salah satu penyakit yang terabaikan sebelumnya. Penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan, stigma psikososial, dan penurunan produktivitas penderitanya dan lingkungannya.

Di Desa Leuwibudah khususnya dan umumnya di wilayah Kecamatan Sukaraja Pemberian Obat Pencegah Masal Filariasis tahun 2015 ini adalah yang ke tiga (3) kalinya. Yang mana akan dilaksanakan serentak Bulan Oktober Tahun 2015. ujar Bpk Cecep (Narasumber dari UPTD Puskesmas Sukaraja)

Setelah mendapatkan materi dari sosialisasi ini kita dapat mengerti/paham jelas fungsi obat filariasis tersebut. Pemerintah Desa Leuwibudah dan UPTD Kesehatan berharap agar nanti pada bulan Oktober mendatang seluruh warga masyarakat dapat meminum obat tersebut, jangan ada lagi yang ragu untuk meminumnya.

Obat ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah penyebarannya penyakit kaki gajah, karena bisa saja mereka yang tidak meminum obat tersebut terkena gigitan nyamuk, sementara ia terindikasi terkena penyakit tersebut.